News Update :

Fakta-Fakta Menarik dari Euro 1960

Kamis, 10 Mei 2012

FOTO:Kiper Prancis, Georges Lamia.
- - Piala Eropa pertama digelar tahun 1960, memunculkan Uni Soviet sebagai juara. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar event tersebut seperti dikutip dari situs resmi turnamen:

* Parc de Prince adalah stadion pertandingan final pertama Piala Eropa (1960), saat Uni Soviet mengalahkan Yugoslavia. Stadion di Prancis itu juga merupakan stadion yang menghajat partai final pertama Piala Champions di tahun 1956, saat Real Madrid menekuk Stade de Reims 4-3.

* Yugoslavia kalah 1-2 lewat perpanjangan waktu dari Uni Soviet di final Piala Eropa 1960. Dua bulan kemudian mereka mendapat obat pelipur lara dengan meraih medali emas Olimpiade di Roma, Italia, setelah cuma mendapat perak di tiga Olimpiade sebelumnya.

* Di edisi pertama Piala Eropa (1960), UEFA memberi uang partisipasi sebesar 100 franc swiss untuk setiap tim. Di Euro terakhir (2008), tim juara Spanyol membawa pulang 30 juta franc swiss.

* Kiper Prancis Georges Lamia kebobolan tiga gol dalam selang waktu empat menit ketika Yugoslavia bangkit dari ketinggalan 2-4 di babak semifinal, untuk kemudian menang 5-4. Setelah itu Lamia hanya dapat satu kesempatan lagi bermain di timnas Prancis.

* Arthur Ellis asal Inggris menjadi wasit pertandingan final Piala Eropa pertama (1960) di stadion Parc de Prince, Paris. Empat tahun sebelumnya, di tempat yang sama ia memimpin final Piala Champions edisi pertama.

* Uni Soviet adalah satu-satunya juara bertahan Olimpiade yang pernah memenangi Piala Eropa. Sebelum menundukkan Yugoslavia di final Euro 1960, mereka juga mengalahkan tim yang sama di final Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Yudi Setiadi 2010 -2011 | Powered by Blogger.com.